Berkah Musim Hujan

Musim hujan datang lagi. Kali ini ga tanggung2 banyak yang sudah jadi korban ‘keganasan’ dari air bah. Di Jakarta hampir sebagian besar wilayahnya tergenang air, masyarakat di Sulawesi, Sumatera, Jawa Timur dan daerah lain juga tidak bisa tenang dengan teror musiman ini. Hal ini membuatku bersyukur sekali karena di daerahku belum terjadi musibah apa pun (dan semoga saja tidak pernah terjadi).
Banyak yang mengeluh karena musim hujan. Berangkat sekolah maupun kuliah jadi terasa berat karena ‘dihadang’ ancaman yang tak seberapa, pekerjaan jadi terbengkalai karena tidak bisa menjemur barang produksinya seperti genteng, meubel, kerupuk,dll. atap rumah yang ‘kumat’ meneteskan air setiap saat, bahkan pakaian pun masih sama itu2 aja dipakae karena yang di cuci tak kunjung kering.
Cobalah kita meluangkan sedikit pikiran diantara keluhan2 itu untuk mengamati manfaat air hujan yang sering kali tidak kita acuhkan. Pemilik usaha cucian sepeda motor menjadi meningkat omsetnya karena ban;yk yang butuh mencuci tunggangannya, tanaman di kebun dan halaman menjadi subur dan hijau sehingga menyenangkan untuk dijadikan pelampiasan ketika kita merasa donkoll, dan masih banyak lagi hal-hal baik lainnya.
Nikmat air yang berlimpah ruah di Negeri kita ini patut di syukuri karena bagaimana pun tanpa air kehidupan tak akan berjalan. Lalu bagaimana dengan musim hujan yang terus menerus dan berbagai mudhorot yang disebabkan? Sebenarnya tidak ada mudhorot yang diberikan Tuhan kepada kita, tetapi hanya kita saja yang selalu berfikir ‘kekurangan’ yang menyebabkan nikmat serasa musibah. Inilah saat yang tepat untuk belajar lebih mencintai alam supaya terhindar dari musibah. Marilah kita lakukan beberapa hal sederhana untuk meng-green-kan daerah sekitar kita, diantaranya :
1. membuang sampah pada tempatnya, dan membakar sampah plastik yang sudah tak terpakai
2. mendaur ulang sampah yang masih mempunyai nilai produksi
3. menanam beberapa tanaman di sekitar rumah, kebun, atau halaman
4. mengurangi emisi gas, kulkas, ac, dan sejenisnya
5. mengurangi konsumsi BBM, dan gunakan kendaraan secara efektif efisien
6. memperlancar drainase agar tidak mampet, dll.
Dengan melakukan beberapa hal yang ‘disenangi alam’ niscaya kita akan merasakan bahwa musim hujan bukanlah sebuah musibah malainkan berkah Tuhan yang tidak terkira nikmatnya.

0 komentar:

Post a Comment